Skip to content

Perlengkapan Safety Marine Penting Untuk Dimiliki

Written by

Ariko

Di zaman sekarang, ada banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada dibawah laut. Berlayar merupakan salah satu aktivitas marine yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selain berlayar, ada juga aktivitas seperti scuba diving, snorkeling dan lain lain. Aktivitas yang dilakukan dibawah atau diatas air akan membutuhkan kapal. Anda akan berlayar ke laut terlebih dahulu sebelum bisa melakukan aktivitas tersebut. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan semua orang, maka anda harus membeli perlengkapan safety marine terlebih dahulu.

Perlengkapan ini bisa menyelamatkan nyawa pada momen momen penting. Sehingga perlengkapan seperti ini wajib dimiliki untuk mengantisipasi situasi apa saja yang bisa terjadi di laut.

Tidak lepas dari aktivitas rekreasi, ada juga aktivitas lain yang bisa dilakukan di perairan. Contohnya adalah pemasangan pipa atau juga proyek proyek yang mengambil lokasi di perairan. Intinya adalah semua aktivitas atau proyek yang mengambil lokasi di perairan akan membutuhkan perlengkapan safety marine.

Biaya yang harus dikeluarkan juga berbeda beda. Namun ini bisa menjadi investasi yang sangat bagus. Dengan mengeluarkan biaya beberapa ratus ribu saja, anda bisa menghindari kecelakaan yang bisa terjadi saat berada diatas air.

Mengantisipasi Kecelakaan

Saat berlayar, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan. Dari mesin mesin, hingga kesalahan teknis yang disebabkan oleh satu orang pun bisa bersifat fatal. Contohnya adalah kapal kehabisan minyak dan anda tidak bisa menggunakan perangkat apa pun untuk menghubungi kapal lain. Itulah mengapa masih ada alat yang tradisional seperti flare atau sinar api.

Tongkat flare adalah tongkat yang kecil dan bisa dihidupkan dimana saja dan kapan saja. Saat dinyalakan, flare akan menyemburkan sinar api yang sangat terang. Ini akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini. Itu adalah contoh mengapa memilih peralatan safety yang memadai sangat penting.

Kebutuhan Perlengkapan Safety Marine

Selain itu, anda juga bisa membeli perlengkapan safety marine untuk memenuhi perlengkapan pada aktivitas anda. Perlengkapan marine tidak hanya di kategorikan pada perlengkapan yang bisa menyelamatkan nyawa. Ada juga alat alat lain seperti immersion suit, diving suit, tabung oksigen, dan lain lain. Ini bisa dibeli secara online ataupun offline. Di masa masa pandemi seperti ini, ada baiknya jika anda membeli semuanya secara online. Membeli perlengkapan marine secara online juga bisa menghemat biaya dan waktu anda saat melakukan transaksi.

Perlengkapan safety marine dibutuhkan untuk melindungi manusia dari material berbahaya. Contohnya adalah air, bisa membuat tubuh manusia mengkerut jika sudah berada di air dengan waktu yang lama. Untuk menghindari peristiwa ini, maka para diver harus menggunakan sebuah pakaian khusus. Perlengkapan marine yang bagus bisa anda dapatkan dari penjual dan brand terpercaya. Jangan membeli brand yang tidak terpercaya, karena kualitas produk belum tentu terjamin.

Smoke Signal

Hal pertama di list ini yang akan kita bahas adalah perlengkapan darurat. Perlengkapan safety marine tidak hanya terbatas dengan hal hal yang akan digunakan. Namun ada juga perlengkapan yang perlu untuk mengantisipasi semua kejadian. Salah satu diantaranya adalah smoke signal. Berada di tengah lautan yang besar bisa menjadi tantangan bagi semua orang. Hal hal dari komunikasi, listrik, dan juga makanan akan sangat terbatas. Jika terjadi kendala di salah satu hal tersebut, anda perlu berkomunikasi dengan kapal lain.

Menghubungi kapal lain atau juga pelabuhan terdekat adalah salah satu cara untuk meminta bantuan. Tentunya ini semua tidak akan bisa dilakukan jika sistem navigasi dan komunikasi anda menghadapi kendala. Ketika ini terjadi, seluruh kapal tersebut tidak bisa menghubungi siapa siapa. Itulah mengapa kita harus beralih ke hal hal yang sederhana seperti smoke signal.

Smoke signal adalah alat yang sering dikenal sebagai kaleng asap. Ini karena smoke signal memiliki ukuran yang kecil sebesar sebuah kaleng minuman. Ketika di aktifkan, smoke signal akan mengeluarkan asap yang banyak dalam waktu yang cepat. Asap ini bersifat berbahaya jika di hirup, itulah mengapa anda harus menghindari menghirup gas dari asap ini.

Meskipun kadang bersifat toksik, smoke signal sangat efektif dalam memberikan signal jarak jauh. Ketika sinyal asap ini dilihat oleh kapal lain, maka mereka pun akan langsung tau untuk memberikan bantuan. Asap bisa berarti banyak hal. Salah satu diantaranya adalah untuk memberikan tanda bahwa kapal tersebut sedang meminta bantuan.

Hand Flare

Salah satu alat yang tidak kalah penting selain smoke signal adalah hand flare. Hand flare sangat penting dalam mengirimkan signal jarak jauh. Hand flare memiliki tujuan yang sama seperti smoke signal. Namun ternyata, tata cara penggunaan dan juga situasinya sedikit berbeda. Ketika sebuah kapal dilengkapi dengan kedua perlengkapan safety marine, maka anda memiliki kesempatan yang lebih bagus untuk selamat.

Peralatan safety saat bekerja seperti peralatan safety utama marine seperti hand flare berguna sebagai alat untuk bersinar dalam kegelapan. Kalau smoke signal, anda hanya bisa menggunakan alat tersebut di siang hari. Asap tidak akan bisa dilihat oleh mata ketika dihidupkan di malam hari. Partikel dari asap sendiri tidak bisa menerangi di malam hari.

Saat malam hari tiba, anda bisa menggunakan hand flare untuk memberikan tanda tanda ke kapal lain. Hand flare akan memancarkan sinar yang sangat terang. Karena namanya hand flare, maka anda bisa langsung memegang hand flare yang berbentuk seperti sebuah tongkat.

Hand flare bisa dihidupkan dengan mudah dan tidak membutuhkan pemantik. Masing masing hand flare akan memiliki cara untuk dihidupkan yang berbeda beda. Rata rata, semua hand flare bisa dihidupkan dengan diberikan sedikit gesekan. Meskipun anda berada dalam air, hand flare akan terus hidup dengan memancarkan api yang panas. Itulah mengapa hand flare sangat berbeda dengan pemantik api lainnya. Ini merupakan perlengkapan safety marine terbaik dan paling dibutuhkan.

Jika ingin lebih mudah, ada juga flare yang bisa anda tembak ke langit. Flare yang ditembak ke langit akan lebih efektif untuk menjangkau banyak orang. Harganya juga tidak beda jauh, namun hand flare bisa lebih berguna untuk banyak hal. Hand flare juga bisa menjadi sumber api saat anda mendadak membutuhkan api. Alat ini bisa dicari di toko alat safety dimana saja.

Immersion Suit

Perlengkapan marine safety berikut ini bersifat lebih individu dan digunakan oleh per orang. Immersion suit menjadi salah satu inovasi terbaru yang tidak terlalu dikenal banyak orang. Ternyata, baju atau immersion suit ini adalah pakaian untuk melindungi tubuh dari suhu yang dingin. Saat berada di tengah laut, tidak akan ada sumber cahaya atau juga kehangatan. Akan ada beberapa kasus dimana anda harus meninggalkan kapal.

Ini dimungkinkan karena kapal sudah akan tenggelam atau juga terjadi suatu masalah dengan mesin. Dan sering kali, kapal kapal ukuran sedang tidak akan memiliki kapal cadangan. Solusinya adalah untuk berenang dan bertahan diri di air. Ancaman yang akan dihadapi oleh manusia ketika renang di lautan terbuka adalah suhu dan temperatur. Suhu dan temperatur dari laut akan berbahaya.

Risiko yang bisa dihadapi oleh manusia pada temperatur rendah adalah hipotermia. Hipotermia bisa berakibat fatal di semua tubuh manusia. Secara garis besar, tubuh tidak akan bisa menahan temperatur dingin dalam jangka waktu yang lama. Itulah mengapa anda membutuhkan sebuah pakaian seperti immersion suit. Immersion suit adalah pakaian yang bisa digunakan dalam air.

Ini karena immerion suit bersifat water resistant atau juga tahan air. Sehingga anda bisa terus bertahan hidup. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan keunggulan lain yaitu mengambang dalam air. Keunikan dairi immersion suit adalah kemampuan untuk mengambang dalam air. Jadi meskipun anda atau awal kapal lainnya tidak pandai berenang, anda tidak perlu khawatir. Karena immersion suit akan siap untuk membantu anda dalam mengambang diatas air.

Tabung Oksigen

Immersion suit tidak akan lengkap tanpa ada suatu alat lainnya. Alat ini disebut dengan tangki oksigen. Immersion suit yang anda gunakan tadi akan kedap udara sehingga air tidak bisa masuk. Karena air tidak bisa masuk, maka udara juga tidak akan bisa masuk ke dalam pakaian tersebut. Ini menjadi masalah karena semua manusia membutuhkan udara oksigen untuk bertahan hidup. Ini merupakan alat safety yang dijual di toko dan jarang bisa ditemukan di toko toko.

Fungsi peralatan safety ini adalah anda bisa menggunakan tabung oksigen sebagai suplai oksigen. tabung oksigen memiliki udara oksigen yang bisa anda hirup secara langsung. Cara pemakaian juga sangat mudah jika ingin digabungkan dengan sebuah immersion suit. Anda harus menghubungkan tabung oksigen dengan pakaian menggunakan pipa khusus. Oksigen bisa dialirkan kedalam pakaian, sehingga anda bisa terus bernafas dibawah air. Pastikan anda memiliki perlengkapan safety marine berikut ini.

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum membeli tabung oksigen. Tabung oksigen memiliki banyak jenis peralatan safety dan ukuran. Ini harus anda sesuaikan dengan daya tahan masing masing orang untuk mengangkatnya. Karena, tabung oksigen ini akan terbuat dengan besi. Jadi jika ingin digunakan, anda akan mengangkat tabung ini seperti sebuah tas ransel.

Ukuran tabung oksigen yang lebih besar akan lebih berat dibandingkan dengan tabung yang lebih kecil. Ini dikarenakan daya tampung tabung oksigen yang besar juga sangat lebih bisa menampung oksigen. Kemudian, anda harus memperhatikan harga. Harga dari tabung oksigen seharusnya tidak terlalu mahal. Untuk menghemat biaya, anda juga bisa membeli refill kalau sudah memiliki tabung oksigen.

Line Thrower

Alat terakhir di daftar hari ini adalah alat yang sangat populer di dunia perlengkapan safety marine. Line thrower adalah alat untuk menjangkau orang atau juga kapal pada air. Secara sederhana, line thrower mengandung tali nilon atau jenis tali lainnya yang sangat kuat. Tali ni mampu menarik beban hingga ratusan kilogram beratnya. Untuk menggunakannya, pin dari line thrower harus ditarik. Ketika ditarik, line thrower akan meluncurkan tali nilon hingga puluhan meter jauhnya. Pastikan anda membidik terlebih dahulu. Karena line thrower hanya bisa digunakan sekali dan tidak bisa berkali kali.

Ini wajib anda gunakan dan anda beli. Karena saat mesin dari kapal sedang mogok, maka alat ini akan sangat efektif. Dalam dunia berlayar, kapal anda bisa dibantu oleh kapal lain dengan adanya talit yang kuat ini. Berikut adalah semua perlengkapan safety marine yang anda butuhkan saat berlayar.

Baca juga: Produk lengkap yang terjual di toko safety

Previous article

Mengatasi Kecanduan Bermain Judi

Next article

Jenis Peralatan Safety yang Perlu Diketahui