Skip to content

Perlengkapan Kapal Terbaik dan Wajib Dimiliki

Written by

Ariko

Proses mengarungi lautan adalah satu pekerjaan yang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Maka dari itu, orang yang sudah terlalih dan berpengelaman tentu juga harus memiliki kapasitas dan falitas yang prima dengan perlengkapan kapal terbaik.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang perlengkapan kapal terbaik secara umum, untuk memberikan informasi kepada pembaca. Agar meski pembaca bukan pelaut, anda bisa lebih paham dan mengerti tentang pengertian dari perlengkapan itu sendiri.

Penyelenggaraan Pengakatan Laut

Di dalam PP (Peraturan Pemebrintah Nomor 17 tahun 1988 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Pengangkutan Laut. Disebutkan dalam peraturan ini jika yang disebut dengan kapal adalah “alat apung dengan bentuk dan jenis apapun.”

Sehingga dari pengertian itu menimbulkan arti yang sangat luas. Apalagi jika anda bandingkan dengan definisi dari peraturan yang ada dalam pasal 309 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD). Di dalam KUHD itu menyebutkan kapal adalah “alat berlayar, bagaimanapun namanya, dan apapun sifatnya.”

Berdasarkan pengertian KUHD ini dapat anda sibulkan jika benda-benda apapun yang dapat terapung dapat dikatakan kapal selama ia bergerak.

Meski hal itu mesin penyedot lumpur atau mesin penyedot pasir. Maka dari itu, semua kapal tentu memiliki perlengkapannya masing-masing. Namun kali ini akan dibahas yang umun-umum saja.

Definisi Kapan Lebih Mendetail

Jika anda ingin mencari pengertian kapal yang lebih spesifik dan detail, maka andabi menemukannya di dalam Undang-undang no. 17 tahun 2008 mengenai Pelayaran.

Di dalam UU itu, disebutkan jika Kapal adalah “Kendaraan air yangmemiliki banyak bentuk dan jenis yang digerakkan dengan tenaga angin, tenaga mekanik, energi lainnya, ditarik atau ditunda adalah termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan di bawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah.”

Dari pengertian itu, dapat anda simpulkan jika kapal tidaklah semata alat yang mengapung saja, akan tetapi segala jenis alat yang berfungsi sebagai kendaraan angkut yang memiliki fungsi spesifik dan tentunya urgent. Sekalipun kapal itu adalah jenis kapal yang berada di dalam laut seperti kapal selam.

Perlengkapan dan Bagian Kapal

Pada pengertian kapal sebelumnya, kami memasukkan segala pengertian perlengkapan kapal terbaik ke dalam pengertian kapal. Namun dalam pengertian spesifik, yang bisa dimaksud dengan perlengkapan kapal adalah “Segala  barang yang tidak merupakan bagian kapal itu, tetapi diperuntukkan tetap digunakan dengan kapal itu.”

Bisa dikatakan, segala sesuatu yang menunjang kapal untuk bergerak dan berlayar di atas lautan adalah perlengkapan kapal. Sehingga, jika anda menaiki kapal, kok melihat beberapa benda yang penting menunjang pelayaran itu, itulah perlengkapan kapal.

Perlengkapan Kapal Wajib

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, yaitu pasal 124 ayat (1) Undang-undang no. 17 tahun 2008, pengertian perlengkapan kapal terbaik adalah bagian-bagian yang termasuk dalam peralatan kapal navigasi, alat penolong, penemu (smoke detector) dan pemadam kebakaran, radio dan elektronika kapal, dan peta-peta serta publikasi nautika, serta perlengkapan pengamatan meteorologi untuk kapal dengan ukuran dan daerah pelayaran tertentu.

Jadi, benda-benda yang disebutkan itu adalah perlengkapan kapal wajib. Sehingga memang harus dalam sebuah kapal yang dimaksud untuk melancarkan proses berlabuh dan mengarungi lautan.

  1. Perlengkapan Kapal Navigasi

Selanjutnya adalah pembahasan tentang perlengkapan navigasi kapal. Perlengkapan ini adalah RADAR, SONAR, fish finder/echo sounder, klinometer, hydrometerm, kompas,  dan barometer.

Perlengkapan Penolong

Diantara alat penolong yang diperlukan oleh kapal adalah pelampung penolong, rompi penolong (baju renang), rakit kembung, rakit tegar, alat-alat pelempar tali, serta sekoci penolong.

Perlengkapan pemadam Kebakaran

Sedangkan untuk alat pemadam kebakaran, memuat alat pemadam api ringan seperti dry chemical (pemadam api dari bahan kimia), pemadam jinjing busa, dan water pressure; alat pemadam dengan pendinginan air seperti nozzle, hidrant, dan slang pemadam; pasir dalam kotak serta sekop.

Perlengkapan kapal lainnya

Dari tiga perlengkapan kapal itu, ada beberapa perlengkapan kapal lainnya yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai beriku:

  • Perlengkapan kalam mulai dari takel, blok, dan tali ulangnya yang diperuntukkan agar pengangkatan beban menjadi mudah dan ringan, sehingga proses pergerakan kapal menjadi tidak terhambat.
  • Perlengkapan tambat labuh antara lain: dampra, tali tambat, dan alat penembak tali, yang dipakai ketika kapal hendak berlabuh.
  • Perlengkapan alat berlabuh jangkar: mulai dari rantai/tali jangkar, bosa dasar, jangkar, mesin jangkar, ceruk rantai, dan band stopper yang terbuat dari bahan-bahan kuat yang bisa menahan kapal ketika berlabuh sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin itu saja dulu penjelasan dari kami tentang perlengkapan kapala secara umum. Perlengkapan kapal ini adalah alat-alat yang dipakai untuk membantu proses berlabuh, berjalan, dan bekerjanya sebuah kapal, sehingga terjadi kelancaran dalam pergerakan kapal itu.

Previous article

Peralatan Komunikasi dan Cara Menggunakannya

Next article

Fungsi Perlengkapan Kapal yang Harus Diketahui