Skip to content

Peralatan Komunikasi dan Cara Menggunakannya

Written by

Ariko

Alat kapal menjadi salah satu sarana yang melengkapi kapal ketika akan bergerak menuju tujuan. Peralatan ini digunakan supaya perjalanan tetap nyaman, aman dan mudah dilakukan. Telepon satelit menjadi salah satu peralatan kapal komunikasi yang banyak ditemui.

Sesuai namanya, peralatan ini digunakan untuk berkomunikasi di atas kapal. Pastinya peralatan ini sangat cocok karena bisa digunakan di tempat yang terpencil atau sulit dijangkau oleh telepon seluler seperti di lautan.

Bagi yang ingin bekerja atau sedang belajar di dunia perkapalan, mengenal alat komunikasi ini menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai sudah berada di lautan tapi tidak mengetahui cara kerja atau cara menggunakan peralatan kapal komunikasi paling penting ini.

Tentu Anda akan rugi sendiri karena ini menyangkut nyawa. Terlebih jika sedang ada kondisi darurat di kapal yang sedang ditumpangi. Di artikel ini kami akan membahas mengenai telepon satelit dan cara menggunakannya. Jadi simak terus hingga selesai.

Mengenal Apa Itu Telepon Satelit

Telepon satelit adalah sarana telekomunikasi yang berupa telepon tanpa adanya kabel yang mempunyai jangkauan lebih luas dibanding telepon yang basisnya GSM. Kenapa bisa demikian? Apakah berarti peralatan kapal komunikasi ini memiliki cara kerja lebih canggih dibanding telepon seluler?

Jangkuan telepon satelit lebih luas dikarenakan bagian base transceiver station pada telepon satelit sudah disediakan khusus di udara. Hal ini berbeda dengan telepon seluler yang meletakkan BTS-nya di daratan.

Inilah yang membuat telepon satelit bisa menjembatani sistem komunikasi industri yang berada di daerah terpencil atau daerah yang sebelumnya tidak terkoneksi dengan telepon seluler seperti lautan. Peralatan kapal komunikasi modern ini menjadi salah satu alat komunikasi yang ada di deck kapal.

Cara kerja Telepon Satelit

Dilihat dari cara kerja telepon satelit bisa dipastikan tidak jauh berbeda dengan telepon seluler yang Anda gunakan. Perbedaannya adalah telepon seluler mengirimkan sinyal panggilan melalui menara pemancar ke telepon yang sedang dituju.

Hal ini sangat berbeda dengan peralatan kapal komunikasi seperti telepon satelit. Telepon satelit mengirimkan sinyal panggilan ke satelit yang ada di luar angkasa. Antena telepon satelit ini biasanya harus berada di lokasi yang bisa terkoneksikan dengan langit secara langsung.

Biasanya antena di letakkan di atas bangunan atau beda agar bisa langsung menuju ke langit. Tujuannya agar tidak ada penghalang yang menghalami pengiriman sinyal ini. Inilah yang membuat telepon satelit sangat cocok untuk komunikasi di atas kapal/.

Untuk \cara menggunakan juga sederhana karena hanya perlu memasukkan nomor telepon di menu yang sudah ada di peralatan kapal komunikasi ini saja. Setelah itu tekan kirim di layarnya. Telepon langsung akan menemukan satelit yang paling dekat dan akan mengirimkan berita.

Metode Pengirimkan Berita Dari Telepon Satelit

Ada metode khusus hingga berita yang diinginkan masuk ke tujuan. berikut metodenya;

  1. Telepon satelit akan mencari satelit paling dekat dari lokasi kapal yang kita tumpangi.
  2. Berikutnya, satelit yang menerima telepon selanjutnya akan mengirim panggilan ke mesin penerima dengan bantuan gate way. Untuk meneruskan panggilan yang diinginkan tersebut.
  3. Gateway dari peralatan kapal  akan mengirimkan sinyal khusus ke satelit paling dekat. Dimana satelit dari peralatan kapal ini akan meneruskan panggilan sampai mencapai gateway yang dijadikan tempat penerima berita tersebut/
  4. Untuk waktu penerimaan berita bisa disesuaikan dengan jauh lokasi antara penerima berita dan juga pengirim berita atau penelepon. Semakin  jauh tentu saja membutuhkan waktu yang agak lama hingga sampai ke tujuan.
  5. Format panggilan yang dikirimkan telah diubah sedemikian rupa hingga bisa diterima telepon seluler atau telepon standar.

Kelebihan Menggunakan Telepon Satelit

Setiap peralatan yang dimiliki oleh kapal memiliki kelebihan masing-masing. Ini juga berlaku peralatan kapal komunikasi laut ini. Dimana kelebihannya sebagai berikut

  1. Cara kerja telepon satelit membuatnya bisa menjangkau arena yang tidak dapat diakses telepon biasa. Jangkuannya tentu sangat luas bahkan bisa sampai ke daerah terpencil sekalipun.
  2. Peralatan kapal telepon satelit ini juga memiliki jangkauan yang tidak mudah putus karena faktor cuaca. Tidak heran karena jangkauannya juga tahan terhadap air serta guncangan.
  3. Telepon satelit bisa membuat sambungan telepon sendiri meskipun jaringan GSM telah terputus karena masalah tertentu.
  4. Telepon satelit juga bisa menghubungkan dua lokasi yang sangat jauh dengan cepat. Jangkauannya bisa hingga tengah samudera atau tengah lautan. Tidak heran jika sangat cocok untuk komunikasi awak kapal./
  5. Cara kerjanya juga sederhana sehingga tidak menyulitkan pemula yang ingin memakainya. Ini disebabkan karena Anda tinggal memasukkan nomor telepon saja.

Menggunakan peralatan komunikasi kapal seperti telepon satelit untuk berkomunikasi adalah keuntungan tersendiri bagi awak kapal. Meskipun berada di lautan, awak kapal tetap bisa bercengkerama dengan keluarga di rumah.

Previous article

Toko Peralatan Kapal Terlengkap di Indonesia

Next article

Perlengkapan Kapal Terbaik dan Wajib Dimiliki