Skip to content

Peralatan Kapal: Mengenal Fungsi Pompa Dan Pipa

Written by

Ariko

Kapal adalah sarana transportasi yang sangat sering digunakan di masyarakat. Karena Indonesia merupakan negara maritim, maka ada banyak sekali orang yang memanfaatkan kapal. Kapal sendiri terbagi menjadi macam macam jenis yang berfungsi untuk berbagai hal. Saat membeli kapal berkualitas, anda juga harus memperhatikan semua peralatan kapal yang dibutuhkan.

Secara umum, semua kapal akan membutuhkan peralatan yang sama. Karena semua kapal akan bisa bergerak menggunakan mesin dan juga peralatan kapal lainnya. Beberapa peralatan yang paling sering anda kenal adalah seperti pipa dan juga pompa. Namun masih banyak diantara teman teman semua yang tidak mengerti apa fungsi atau pentingnya dari pompa dan pipa.

Memilih pompa dan pipa yang sesuai pun akan membantu anda dalam pelayaran nantinya. Ada banyak sekali kejadian yang terjadi di tengah tengah laut. Semua kejadian ini akan datang secara tiba tiba dan tidak akan ada prediksi kapan datangnya. Anda pun harus mengantisipasi ini untuk terjadi.

Cara terbaik dalam mengantisipasi kejadian kejadian tersebut adalah dengan membeli perlengkapan kapal berkualitas tinggi. Selain kualitasnya, anda juga harus membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan. Di artikel hari ini, kita akan membahas fungsi perlengkapan kapal seperti pompa dan pipa. Dengan pompa air tersebut, anda juga akan belajar sedikit mengenai penggunaan pipa pada mesin kapal.

Apa kegunaan pompa pada kapal?

Pompa berfungsi sebagai alat yang bisa menyedot atau mengubah tekanan pada cairan. Pompa ini memang memiliki nama sebagai pompa air. Namun biasanya, pompa air digunakan untuk memompa cairan cairan lain pada mesin. Pompa sangat penting karena menjadi faktor utama dalam berlangsungnya perjalanan anda.

Masing masing kapal akan dilengkapi dengan mesin yang besar dan juga mahal. Anda tidak akan harus mengganti mesin terus menerus setiap beberapa bulan. Kerusakan pada mesin biasanya disebabkan karena mesin terlalu panas atau terlalu padat. Mesin juga akan memiliki batas penggunaan. Kapal tidak akan bisa berlayar selama 24 jam secara terus menerus. Walaupun ada minyak atau bahan bakar, kapal tetap akan memiliki daya tahan beberapa jam saja.

Untuk mendorong daya tahan pada kapal, para teknisi pun mencari cara lain. Mesin mesin pada kapal hanya akan rusak jika digunakan terlalu lama dan berakibat over heating atau melebihi batas panas. Ini akan langsung berdampak buruk dengan mesin anda. Ada beberapa kejadian dimana mesin terlalu panas hingga mesin juga meledak.

Untuk menangani ini, anda harus menggunakan cairan pendingin untuk mendinginkan mesin. Air saja tidak cukup untuk mendinginkan mesin dan menghentikannya dari suhu yang tinggi. Cara terbaik untuk menurunkan suhu yang tinggi adalah dengan menggunakan cairan khusus atau juga cairan pendingin. Cairan ini sangat ampuh dan efektif dalam menurunkan suhu yang tinggi.

Karena cairan yang digunakan bukanlah air, maka cairan tersebut memiliki masa jenis yang berbeda. Masa jenis dari cairan tersebut akan lebih kental dan juga lebih tebal. Jika anda ingin mendapatkan aliran cairan tersebut, maka anda harus menggunakan pompa. Pompa sangat efektif dalam mengalirkan cairan dan meratakan cairan tersebut ke seluruh mesin. Sehingga cairan yang sudah hangat atau panas bisa kembali keluar untuk di dinginkan. Sedangkan cairan yang dingin akan dialirkan kembali kedalam pompa dan juga mesin tersebut.

Fungsi menggunakan pipa di kapal

Banyak orang masih tidak mengerti mengapa pipa sangat penting. Pipa memiliki fungsi utama yaitu untuk mengalirkan cairan dari satu titik ke titik lainnya. Ada banyak sekali jenis pipa yang berbeda beda. Masing peralatan kapal masing pipa akan memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda juga. Harga dari masing masing pipa pun akan bergantung dengan kualitas dan juga bahan.

Untuk mengalirkan pipa dari satu titik ke titik lainnya, para teknisi kapal harus mencari pipa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pipa sangat penting karena tidak akan ada alat lain yang bisa memindahkan cairan yang digunakan oleh pompa. Selain itu, pipa juga biasanya digunakan untuk mengalirkan cairan cairan lainnya. Contohnya adalah seperti minyak atau juga air.

Pipa yang di rekomendasikan untuk masing masing kapal juga berbeda. Contohnya, untuk kapal yang menggunakan mesin besar,maka pipa yang dibutuhkan juga harus memiliki diameter yang besar. Ini adalah ciri khas dari masing masing pipa dan juga kegunaannya. Ini juga akan dijelaskan lebih lanjut lagi di artikel yang satu ini.

Pompa Sentrifugal

Jenis pompa pertama di list hari ini adalah pompa sentrifugal. Masing masing pompa akan memiliki daya dorong atau juga tekanan yang berbeda beda. Salah satu pompa yang standar dan bisa memenuhi kebutuhan anda adalah pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal merupakan salah satu perlengkapan kapal yang sangat standar.

Banyak peralatan kapal menggunakan jenis pompa sentrifugal karena harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan pompa lainnya. Pompa sentrifugal bekerja dengan cara yang sama seperti pompa biasa. Namun untuk pompa ini, cairan yang paling efektif untuk diangkuat adalah seperti air tawar atau juga air laut. Ini karena pompa sentrifugal tidak memiliki daya tarik untuk tekanan yang tinggi.

Karena pompa ini menggunakan cairan yang encer, maka biaya untuk maintenance pun tidak mahal. Biaya maintenance biasa ditentukan dengan seberapa seringnya pompa anda akan mengalami kerusakan. Pompa yang biasanya mengalami kerusakan adalah pompa yang terpaksa memberikan tekanan yang tinggi. Ini akan membuat pompa mengalami kemacetan dan juga kerusakan. Masing masing pompa peralatan kapal akan memiliki rentang daya tariknya masing masing.

Untuk menghemat banyak biaya, anda bisa menggunakan pompa sentrifugal. Namun air yang anda gunakan untuk mendinginkan mesin adalah seperti air tawar atau juga air laut. Sehingga air harus dialirkan dalam kecepatan yang tinggi. Karena jika tidak, maka air juga akan cepat panas karena memiliki titik didih yang rendah.

Pompa Berputar

Pompa berikutnya yang akan kita bahas hari ini adalah pompa berputar atau juga disebut dengan gear pump. Alat ini yang satu ini adalah peralatan kapal yang wajib dimiliki untuk mesin mesin besar. Mesin dari kapal yang besar akan membutuhkan cairan khusus untuk berlayar. Cairan tersebut memiliki merek yang berbeda beda. Namun secara sederhana, cairan yang khusus akan lebih kental dan lebih lama untuk panas. Sehingga ini menjadi cairan yang sempurna untuk mendinginkan mesin. Cairan ini pun membutuhkan pompa untuk bergerak karena cairan tidak akan bisa bergerak secara sendirinya.

Itulah mengapa pompa berputar bisa menjadi pompa yang sempurna untuk cairan kental. Pompa berputar akan memiliki gir atau juga disebut dengan gigi. Gir ini akan berputar dan menarik semua cairan pendingin masuk kedalam pompa. Setelah pompa tersebut berputar, maka tekanan yang tinggi pun akan dihasilkan oleh pompa tersebut.

Pompa ini akan sangat efektif dalam mendinginkan semua mesin yang panas pada kapal anda. Ini adalah solusi terbaik, namun harga akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pompa sentrifugal. Pompa seperti pompa berputar akan lebih tahan lama dan juga membutuhkan maintenance sekali setiap beberapa bulan atau tahun. Biaya maintenance juga tidak terlalu mahal, anda bisa mencari jasa jasa maintenance untuk menghindari kerusakan pada peralatan kapal pompa berputar ini.

Pipa PVC

Pipa yang paling pertama untuk dibahas di artikel hari ini adalah pipa PVC. PVC adalah pipa yang paling sering digunakan dalam semua kebutuhan dalam kapal. Setiap kapal akan pasti membutuhkan pipa PVC atau juga pipa plastik. Pipa yang satu ini tidak akan bisa mengangkut cairan yang padat atau juga panas. Biasanya, pipa PVC sangat efektif untuk mengangkut air yang kotor atau air tawar.

Pipa PVC juga menjadi pilihan peralatan kapal semua orang. Karena PVC memiliki harga yang murah, anda bisa membeli PVC dalam jumlah meteran atau lebih banyak. Pipa PVC juga sudah terkenal dengan kualitas dan juga daya tahan dari produk tersebut. Ada dua bahan penting yang membuat pipa PVC sangat kuat dan tahan lama. Bahan tersebut adalah karet dan juga plastik. Anda bisa langsung pergi ke toko perlengkapan kapal terdekat untuk mencari pipa terbaik.

Baca juga: Toko perlengkapan kapal terlengkap di Indonesia

Pipa CPVC

Jika sebelumnya kita sudah membahas PVC, maka sekarang kita akan membahas VPVC. Pipa jenis CPVC adalah pipa yang sangat serupa dengan PVC. Pipa ini juga terbuat dengan plastik dan memiliki diameter yang kurang lebih sama. Perbedaannya adalah pipa PVC memiliki ketebalan dinding dari pipa yang lebih tebal. Selain itu, pipa CPVC memiliki fungsi yang berbeda dari pipa PVC. Untuk pipa CPVC, pipa tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai sifat tahan panas. Ini sangat penting untuk mengangkut cairan atau air yang panas pada mesin mesin kapan. Pipa CPVC memiliki daya tampung yang cukup besar dan juga bisa mengangkut air panas.

Pipa yang satu ini juga dapat beradaptasi dengan suhu disekitarnya. Sehingga aksesoris peralatan kapal pipa tidak akan langsung meleleh atau hancur ketika terjadinya perubahan suhu. Contohnya adalah air panas dan kemudian dialirkan dengan air dingin.

Pipa Air Tembaga

Perlengkapan berikut ini memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat lagi dibandingkan dengan pipa CPVC. Pipa jenis air tembaga ini terbuat dari tembaga yang khusus. Tembaga menjadi bahan penting dari pembuatan pipa karena ini akan membuat pipa tahan dari karat. Harga untuk pipa air tembaga juga tidak semurah dengan pipa jenis peralatan kapal lainnya. Dibandingkan dengan pipa jenis lain, pipa air tembaga akan lebih mahal. Anda juga harus memesan pipa ini terlebih dahulu karena pipa tembaga tidak akan mudah untuk ditemukan.

Pipa ini bisa menahan panas yang sangat tinggi tanpa merusak pipa tersebut. Selain itu, pipa ini bisa berfungsi untuk mengangkut air yang sangat dingin juga. Jika anda ingin berlayar ke tempat yang lebih dingin, maka pipa anda pun harus memadai.

Situasi dan kondisi sekeliling anda menjadi faktor penting untuk diperhatikan terutama untuk mesin dan pipa anda. Pastikan anda memilih pipa yang sesuai untuk masing masing kebutuhan. Semoga artikel ini dapat membantu anda mencari peralatan kapal yang tepat.

Baca juga: Peralatan komunikasi untuk kapal anda

Previous article

Inilah Tips Berhasil Bisnis Sedot WC Buat Para Pemula

Next article

Tips Membeli Peralatan Kapal yang Berkualitas