Skip to content

Ini Dia Beberapa Faktor Penyebab Bau Kamar Mandi yang Perlu Anda Ketahui

Written by

Ariko

Banyak faktor penyebab bau kamar mandi yang harus kita ketahui agar kita bisa mengusir bau dalam kamar mandi tersebut.

Kamar mandi merupakan salah satu area yang paling lembap dari sebuah rumah. Jika kita tidak memperhatikan kebersihannya, maka kamar mandi akan menjadi tempat bertumbauh jamur serta bakteri yang cepat berkembang biak.

Bakteri dan jamur ini akan menyebabkan munculnya bau yang tidak sedap. Apalagi seperti kita ketahui, kamar mandi selalu dalam keadaan tertutup jika tidak dipakai, sehingga membuat tingkat kelembapannya semakin tinggi.

Ada berbagai faktor penyebab bau kamar mandi yang sering menimbulkan bau yang tidak sedap. Faktor itu antara lain handuk yang sering digantung di kamar mandi, ventilasi yang buruk sehingga udara tidak bisa berputar dengan baik, dan beberapa faktor lain yang akan kita bahas satu persatu berikut ini.

Penyebab Bau Kamar Mandi : Handuk yang Digantung

Kebanyakan orang menggantung handuk sehabis pakai di dalam kamar mandi. Tanpa mereka sadari bahwa handuk basah ini merupakan salah satu faktor penyebab bau tidak sedap di dalam kamar mandi.

Handuk yang kita gantung di dalam kamar mandi tidak terkena sinar matahari. Hal ini menyebabkan handuk akan terus dalam keadaan basah sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Jika memang tidak ada tempat bagi Anda untuk menggantung handuk selain di dalam kamar mandi, maka setidaknya Anda harus mengganti handuk 2 minggu sekali.

Terkadang handuk kita berbau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap itu, maka sebelum mencucinya rendam hanaduk itu dengan cuka putih satu cangkir dalam air panas. Anda juga boleh menggunakan baking soda sebanyak satu sendok makan.

Nah, satu jam setelahnya, cuci handuk sampai bersih. Jika menggunakan mesin cuci, putarlah mesin cuci dengan kecepatan tinggi.  Atau jika menggunakan tangan, bilas berulang-ulang dengan air yang banyak

Pipa Saluran Air

Selain handuk yang lembab dalam kamar mandi, pipa saluran pembuangan air bisa jadi penyebab bau kamar mandi. Bisa saja air dalam pipa tidak berjalan dengan lancer, atau pipa pembuangan dari wastafel yang tidak lancer karena kotoran kecil.

Jika memang bau itu berasal dari situ, periksalah pipi saluran air kamar mandi Anda. Mungkin saja ada sisa kotoran seperti rambut atau bekas shampoo yang menyebabkan penyumbatan.

Baca juga: Pengobatan dan Obat Stroke Hemoragik

Bersihkan secara berkala. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut. Dianjurkan untuk membersihkan pipa secara menyeluruh agar terjaga kelancaran.

Demikian kamar mandi juga harus dibersihkan menggunakan cairan pembersih selama seminggu sekali karena air pembersih kamar mandi juga akan mengalir ke lubang pembuangan air.  Jangan lupa membersihkan beberapa tempat yang memang harus dibersihkan seperti wastafel dan keran air.

Baju Kotor

Setelah mandi usahakan untuk tidak meninggalkan baju bekas kita pakai di dalam kamar mandi. Perlu kita tahu bahwa baju kotor bekas kita pakai ini bisa menjadai salah satu penyebab bau kamar mandi juga.

Maka dari itu, usahakan agar Anda tidk meninggalkan baju yang bekas Anda pakai dalam kamar mandi. Kalaupun memang baju kotor harus berada dalam kamar mandi, usahakan untuk menaruhnya dalam bak khusus cucian kotor. Hal ini untuk menghindari agar bau apek dari baju bekas kita pakai itu tidak akan merebak keluar.

Ventilasi

Ventilasi yang buruk akan menjadi penyebab bau yang tak sedap dalam kamar mandi. Oleh sebab itu seharusnya di dalam kamar mandi tersedia ventilasi yang cukup baik untuk menghilangkan kelembaban.

Jendela adalah solusi paling utama dalam mengatasi masalah utama bau dari sebuah kamar mandi. Sebab, jendela akan menjadi ventilasi terbaik untuk kamar mandi. Dengan adanya jendela, maka udara dari luar akan masuk kedalam kamar mandi dan mendesak udara pengap dari dalam kamar mandi untuk keluar.

Apabila kamar mandi memang tidak memungkinkan untuk memiliki jendela, maka pintu kamar mandi harus sesekali dibuka agar Kamar mandi tidak terlalu lembab. Selain itu semua bau dalam kamar mandi paling tidak tidak akan menetap terlalu lama didalamnya.

Penyebab Bau Kamar Mandi: Sampah

Tempat sampah yang Anda taruh dalam kamar mandi bisa jadi factor penyebab bau kamar mandi Anda. Jika dalam kamar mandi Anda memang harus ditaruh sebuah tempat sampah, sebaiknya buanglah isinya setiap hari. Hal ini agar tidak menimbulkan timbunan sampah dan juga bakteri yang berkembang di dalamnya.

Anda harus mencuci tempat sampah secara berkala demi menjaga tempat sampah tetap bersih dan tidak berbau. Setiap kali Anda mencuci tempat sampah, keringkanlah terlebih dahulu sebelum menggunakannya lagi. Hal ini juga merupakan salah satu cara agar tempat sampah tidak menyebabkan bau.

Anda bisa membersihkan tempat sampah untuk membasmi bau yang tak sedap dengan menggunakan soda kue yang dicampur dengan. Lakukan hal ini dua minggu sekali.

Demikianlah sudah kami paparkan tentang beberapa faktor penyebab bau kamar mandi yang sering kita jumpai. Mari jaga kebersihan kamar mandi kita agar jauh dari sumber bau-bau tersebut. Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang perlu dijaga kebersihannya karena bisa menjadi salah satu sumber bakteri yang merugikan kita.

Previous article

Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat Siswa, Sudahkah Diterapkan di Indonesia?

Next article

Hindari Bermain Poker Online Berkedok Teknologi