Skip to content

Membeli Sepatu Online dari Media Sosial?

Written by

Ariko

Di zaman yang berkembang pesat, ada banyak sekali cara baru untuk transaksi. Teman teman semua pasti sudah sering mendengar istilah istilah tempat bertransaksi ini. Apalagi ditambah adanya internet, orang orang pun mulai gemar berbelanja secara online. Salah satu jenis produk yang suka dibeli dan diperjual belikan secara online adalah sepatu. Sekarang, anda juga bisa bergabung dan mengenali semua cara untuk membeli sepatu secara online. Mungkin saja anda sangat berminat untuk memulai online shop sendiri dengan modal yang tidak terlalu banyak. Namun manakah platform terbaik untuk melakukan bisnis online atau transaksi sepatu? Ini akan dijawab di artikel hari ini.

Sepatu sendiri merupakan salah satu bagian pakaian yang dulunya tidak terlalu diperhatikan. Ini sebuah berubah sejak ada pengaruh dari internet dan juga budaya budaya luar. Para generasi muda di Indonesia juga mulai melihat pentingnya dari membeli sepatu. Budaya dibelakang sepatu ini sendiri sangat dipandang tinggi di antara kalangan masyarakat kita. Sepatu yang dulunya tidak terlalu dipandang sebagai sesuatu yang berharga, kini sudah dilihat sebagai kebutuhan penting. Brand brand seperti Adidas, Nike dan lain lain pun mulai maju di Indonesia. Saat anda membeli barang secara offline, akan ada biaya yang lebih banyak untuk dibayar. Ini beda dengan belanja offline yang akan memotong banyak sekali ongkong.

Sistem Jual Beli Sepatu di Internet

Internet memiliki 3 sarana untuk menjual sepatu online. Sarana sarana ini adalah seperti Instagram, E-commerce, dan juga website resmi dari masing masing brand. Semua sarana atau tempat melakukan jual beli ini mirip dengan yang lainnya. Mereka memiliki tujuan untuk mempromosikan dan mempercepat transaksi jarak jauh.

Dari semuanya, pasti anda masih bingung mau memilih dari mana. Sistem jual beli sepatu di toko sepatu online bagus dan terpercaya cukup sederhana. Para pelanggan diharapkan untuk melakukan pencarian barang terlebih dahulu. Setelah barang sudah di pilih oleh para pelanggan, maka langkah berikutnya adalah untuk membayar. Biasanya pembayaran dalam berbelanja online harus di regulasi dan dilakukan secara aman.

Para pelanggan tidak boleh memberikan informasi informasi penting kepada orang lain. Dan toko toko tersebut tidak seharusnya meminta informasi penting seperti pin atau nomor ATM. Cara transaksi atau membayar paling efektif adalah seperti menggunakan dompet digital atau transfer ATM. Dompet digital ini mudah untuk digunakan dan akan mempercepat semua transaksi anda.

Dalam hitungan detik saja, uang akan langsung dikirimkan kepada penjual. Dan untuk transfer ATM, ini adalah cara yang aman karena anda tidak perlu memberikan informasi apa apa. Namun keamanan tidak hanya dilihat dari cara anda membayar. Setelah membayar, pasti masih akan ada potensi untuk para penjual menipu anda. Penipuan seperti inilah yang harus teman teman hindari dan waspadai.

Jual Beli Sepatu Online di Instagram

Tempat untuk melakukan jual beli pertama yang akan kita bahas adalah Instagram. Instagram adalah tempat yang paling terkenal sebagai lokasi jual belI. Awalnya, Instagram merupakan tempat untuk bersosialisasi secara daring dan luas. Ini menjadi media sosial yang paling efektif dan bisa menjangkau hingga ratusan juga orang.

Orang orang pun melihat peluang bisnis dari media sosial ini. Sehingga ada banyak orang yang mulai memanfaatkan Instagram sebagai toko online atau online shop. Jual beli sepatu ini dimulai dengan para penjual membuat profil untuk toko mereka masing masing. Setelah membuat profil, maka menata rapi akun tersebut juga sangat penting. Membuat akun yang menarik dan terpercaya adalah tujuan dari semua online shop yang ingin mulai menjual barang. Mulai dari toko sepatu sneakers hingga toko sepatu anak pun ada di Instagram.

Para pelanggan tidak akan pernah puas dengan pelayanan yang diberikan. Online shop yang anda temukan di Instagram juga terus mencari jalan jalan baru untuk selalu bisa kencang dalam merespon dan melayani anda. Instagram menjadi tempat yang sempurna karena para follower bisa menerima update stock barang dalam hitungan menit. Ini beda dengan e-commerce atau yang lain lainnya. Media sosial lebih sering digunakan oleh masyarakat umum. Jika ingin membeli sepatu di Instagram, maka anda hanya perlu menyediakan sarana untuk membayar secara online terlebih dahulu. Pastikan ini sudah disediakan, karena tidak akan ada cara lain untuk membayar secara daring.

Sebagai pelanggan, anda juga wajib mempertimbangkan harga dan biaya lain seperti ongkos kirim. Ongkos kirim biasanya dibayar dengan harga per kilo dari paket yang dikirimkan. Jika anda hanya membeli 100 gram saja, maka uang yang harus dibayar tetaplah dihitung dalam jumlah per 1 kilo. Ongkos kirim bisa sangat murah dan sangat mahal tergantung dari jarak yang ditempuh. Carilah online shop yang dekat dengan daerah anda jika ingin menghemat uang yang banyak. Jika tidak, maka anda harus menanggung biaya ini karena biaya pengiriman biasanya ditanggung oleh para pembeli.

Transaksi Secara Aman di Instagram

Ada beberapa waktu dimana toko online akan memberikan cashback atau juga diskon. Ini akan membuat banyak orang tergoda untuk mencoba membeli barang. Namun salah satu hal yang tidak diperhatikan orang adalah reputasi atau kepercayaan dari sebuah toko. Tidak akan ada orang yang tau bahwa toko tersebut ternyata merupakan tipuan. Banyak orang orang yang sudah jatuh dalam jebakan yang satu ini. Mereka mengira bahwa diskon yang besar akan sangat menghemat biaya. Namun ternyata, uang langsung dilahap oleh pihak penjual dan barang pun tidak pernah dikirimkan. Untuk menghindari hal hal seperti ini, anda harus bisa membandingkan satu toko online dengan yang lainnya.

Cara paling sederhana untuk membandingkan online shop adalah dengan melihat angka follower. Angka follower ini menjadi patokan semua pelanggan dalam mencari toko yang paling bagus dan sudah aman. Ini dikarenakan toko toko yang besar pasti akan memiliki pelanggan setia dan kembali untuk membeli barang di toko sepatu original tersebut. Beda dengan toko penipuan atau modus, toko seperti ini akan langsung di laporkan ke pihak media sosial.

Namun jangan berhenti pada follower Instagram saja. Anda juga harus melihat aspek aspek lain dari sebuah akun Instagram. Aspek yang bisa diperhatikan adalah seperti jumlah likes yang didapatkan dari post akun tersebut. Jika likes hanya sedikit, maka anda harus berhati hati dan waspada akan akun tersebut.

Semua langkah langkah kecil ini bisa membuat anda lebih aman dalam transaksi secara online. Pastikan anda mengambil waktu yang dibutuhkan untuk bertransaksi secara aman dan jangan terburu buru. Jika tidak sesuai, akan ada banyak akun Instagram yang bisa menjadi pilihan alternatif. Toko online di Instagram sangatlah banyak untuk dipilih dan dilihat lihat. Bandingkan harga dengan toko online lainnya untuk mendapatkan harga termurah.

Baca juga: Bisnis jual sepatu online yang menggiurkan

Membeli Sepatu Online dari E-commerce

commerce adalah tempat berikutnya untuk membeli dari tempat jual sepatu online. Aspek terpenting dari membeli di e-commerce adalah keamanan para pelanggan. Anda bisa bertransaksi secara mudah dan juga paling aman melalui e-commerce ini. E-commerce hadir sebagai pihak ketiga dalam bertransaksi. Saat bertransaksi, anda juga dapat menggunakan fitur fitur menarik yang ditawarkan oleh para e-commerce. Contohnya adalah diskon, fitur notifikasi, dan ada banyak promo lainnya. Semua keunggulan ini diberikan kepada anda secara aman dan anda tidak perlu takut akan penipuan. Namun, tetap ada kelemahan dari e-commerce.

Kelemahan utama dalam e-commerce adalah anda tidak dapat mengetahui mana sepatu yang asli atau tidak. Sepatu sepatu mahal seperti Adidas dan Nike akan mempunyai banyak sekali replica atau juga barang palsu. Barang ini beredar dengan cepat di dunia sepatu Indonesia. Seringkali, toko toko akan memberikan warning atau memberitahukan terlebih dahulu bahwa barang tersebut memanglah replica atau juga KW.

Namun ada juga beberapa kali dimana toko tidak memberikan informasi bahwa barang tersebut palsu atau bukan original. Para pembeli pun terjebak dan membayar harga original untuk sepatu yang palsu atau replica. Ini menjadi salah satu tantangan yang harus anda hadapi saat membeli sepatu dari e-commerce.

Secara umum, membeli dari e-commerce akan lebih aman dalam bertransaksi. Namun barang yang dijual belikan belum tentu aman. Ini berbeda dengan Instagram yang menawarkan produk terpercaya. Penjual penjual besar di Instagram pasti akan menjual barang yang sudah di garansi asli.

Karena toko tersebut memiliki reputasi yang harus dijaga. Kalau dalam e-commerce, pembeli pun tidak akan tau jika barang yang dibeli asli atau bukan. Mungkin dari ulasan, anda bisa melihat review orang lain bahwa produk tersebut asli. Namun ini belum tentu benar, karena semua ulasan itu bisa dibuat sendiri oleh toko tersebut. Jadi pastikan anda menemukan toko yang resmi di e-commerce terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi apa apa.

Membeli Sepatu Langsung dari Website Resmi

Cara membeli sepatu terakhir adalah dengan mengunjungi situs resmi dari brand yang anda inginkan. Brand brand besar akan mempunyai website yang bisa teman teman kunjungi. Contohnya adalah seperti brand Nike, Adidas, Converse, Puma, New Balance, dan lain lain. Masing masing brand memiliki layout yang mudah untuk anda gunakan. Sehingga mencari varian sepatu juga lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan e-commerce atau juga Instagram. Terlebih lagi, transaksi yang dilakukan dengan website dan juga barang akan dijamin aman. Situs situs resmi tidak akan pernah menjual barang replica. Karena mereka mendapatkan suplai barang langsung dari distributor ataupun pabrik.

Jika anda ingin mencari toko yang jual sepatu online murah dengan jaminan terbaik, maka ini bisa menjadi solusi. Perlu diperhatikan bahwa situs resmi akan menjual barang jauh lebih mahal dibandingkan dengan reseller di Instagram. Ini karena situs resmi menjual barang dengan harga standar yang mereka tetapkan.

Jadi jika tidak ingin mengeluarkan uang yang lebih, maka kami merekomendasikan teman teman untuk mencari produk dari Instagram atau Tokopedia. Berikut adalah cara untuk membeli sepatu secara online. Semoga sepatu berikut anda bisa dibeli dari salah satu toko atau sarana yang kita bahas hari ini.

Baca juga: Tips membeli sepatu online

Previous article

Produk Lengkap Peralatan Safety Terjual di Toko Safety

Next article

Toko Sepatu Bagus dan Terpercaya di Indonesia