Skip to content

Jenis Peralatan Kapal Pelindung Diri Dan Fungsinya

Written by

Ariko

Jenis peralatan kapal untuk pelindung diri itu sangat banyak macamnya. Wajar Anda harus mengenali dan memahami berbagai peralatan kapal ini dengan baik sebelum memakainya. Jadi ada alat yang digunakan untuk melindungi tubuh dan ada juga yang fungsinya untuk gawat darurat.

Berdasarkan Permenker 8 tahun 2010, pelindung diri menjadi alat yang digunakan untuk melindungi tubuh seseorang di tempat kerja. Jenis pelindung diri di kapal ini juga di bagi menjadi 9 bagian sesuai tujuan serta pemakaiannya. Berikut jenis-jenisnya;

Alat kapal pelindung diri untuk kepala

Fungsi jenis peralatan kapal pelindung kepala ini agar melindungi kepala dari benturan, kejatuhan, terantuk maupun terpukul benda tajam yang melayang atau meluncur dari udara. Alat pelindung diri yang termasuk golongan ini adalah helm pengaman, tapi keselamatan dan pengaman rambut.

Khusus helm pengamanan ini juga dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya helm untuk proyek kapal biasanya berupa pelindung bagian atas kepala saja. Helm yang digunakan awak kapal yang bekerja dari ketinggian disertai tali di bagian dagu dan sebagainya.

Alat kapal pelindung diri untuk mata dan muka

Jenis peralatan kapal berikutnya adalah untuk pelindung mata dan muka. Sesuai namanya, peralatan ini digunakan untuk melindungi mata serta muka dari paparan bahan kimia berbahaya ang mungkin saja bisa masuk ke bagian wajah awak kapal yang tengah bekerja.

Jenis peralatan untuk pelindung mata dan muka ini terbagi menjadi beberapa. Misalnya untuk kacamatan pengaman, tameng muka, masker selam, kacamatan pengaman kesatuan dan masih banyak lainnya. Setiap peralatan ini memiliki standar berbeda yang harus dipatuhi.

Alat kapal pelindung diri untuk telinga

Telinga juga harus dilindungi agar pendengaran saat di kapal tetap terjaga dengan baik. Biasanya digunakan jenis alat kapal pelindung diri untuk telinga yang macamnya sangat beragam.  Fungsinya untuk melindungi telinga dari kebisingan ataupun tekanan laut yang kuat.

Ada banyak macam untuk alat yang digunakan. Namun yang paling biasa adalah sumbat telinga dan juga penutup telinga. Alat pelindung diri di atas kapal ini biasanya digunakan ketika cuaca sedang tidak menentu yang tekanannya sangat tinggi.

Alat kapal pelindung diri untuk pernafasan

Peralatan kapal untuk pelindung pernafasan merupakan alat-alat perlindungan yang digunakan untuk melindungi organ pernafasan dari zat berbahaya dan zat kimia yang mungkin bocor ketika bekerja di kapal.

Contoh alat pelindung diri ini sangat beragam. Contohnya seperti masker, katrit, respirator, rebreather, continues air dan masih banyak lainnya. Alat ini dibagi menjadi dua, yakni untuk menyaring udara atau memberi pasokan udara di tengah udara yang terbatas seperti lautan.

Alat kapal pelindung tangan

Jenis peralatan kapal pelindung diri tangan ini menjadi alat-alat yang melindungi tangan serta jari dari pajanan api, suhu panas, radiasi, arus listrik, bahan kimia atau bahkan suhu dingin khas lautan. Jenis pelindung tangan ini juga beragam dan bisa dissuaikan dengan kebutuhan saja.

Namun yang paling sering ditemui adalah sarung tangan yang terbuat dari kulit, kain kanvas, kain berpelapis hingga sarung tangan yang tahan terhadap zat kimia. Dengan menggunakan peralatan ini, diharapkan pekerja bisa bekerja maksimal di atas kapal.

Alat Kapal Pelindung Kaki

Sesuai namanya, ini adalah peralatan kapal yang digunakan untuk melindungi kaki dari benturan benda tajam, tertusuk benda tajam, uap panas, terkena bahan kimia atau tergelincir. Biasanya contoh alat kapal ini adalah sebuah sepatu yang telah didesain khusus untuk digunakan.

Biasanya sepatu yang dipakai sudah didesain sesuai fungsinya masing-masing. Contohnya ada sepatu yang didesain khusus untuk bahaya listrik, tempat kerja di kapal yang basah atau licin serta contoh sepatu lainnya.

Alat kapal pakaian pelindung

Peralatan kapal pelindung tubuh ini berupa pakaian yang bisa menutupi atau melindungi sebagian tubuh atau juga seluruh tubuh dari bahaya temperatur dingin \yang terlalu esktrim di lautan. Atau juga bisa didesain untuk melindungi tubuh dari bahan kimia atau cairan berbahaya.

Jenis atau contoh peralatan ini juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja. Misalnya seperti rompi, jacket, celemek atau pakaian khusus yang bsia menutupi seluruh tubuh dari zat yang berbahaya bagi tubuh.

Alat kapal untuk pelindung jatuh individu

Karena kapal memiliki daerah yang cukup terbatas di lautan, tentu saja jenis peralatan kapal pelindung diri ini sangat penting untuk digunakan. Adapun fungsinya untuk membatasi gerak pekerja di atas kapal supaya tidak jatuh ke lautan ketika bekerja atau beraktivitas.

Jenis pelindungnya antara lain seperti sabuk pengaman, tali koneksi, alat penjepit tali, alat penurun dan berbagai alat pelindung lainnya. Biasanya alat ini hanya bisa digunakan satu orang setiap waktunya.

Menggunakan jenis peralatan kapal untuk melindungi diri ketika berada di kapal atau bekerja di kapal memang menjadi bagian penting dari keselamatan. Tidak heran setiap kapal pasti memilikinya di setiap armadanya.

Previous article

Aksesoris Peralatan Kapal Yang Banyak Digunakan

Next article

Toko Peralatan Kapal Terlengkap di Indonesia