Skip to content

8 Game Sepak Bola PS3 Terbaik, Ada PES 2020 yang Baru Rilis!

Written by

Ariko

Siapa yang tak suka dengan olahraga sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang paling universal. Ini pula yang menjadi alasan kenapa penggemarnya, ada di seluruh penjuru dunia. Ada banyak cara menikmati olahraga yang satu ini. Salah satunya adalah dengan memainkan game sepak bola. Berikut adalah deretan game sepak bola PS3 terbaik yang dapat Anda pilih untuk bermain.

Deretan Game Sepak Bola PS3 Terbaik

game sepak bola PS3 terbaik

Nah, bagi penyuka game konsol tentang sepak bola, ada kabar gembira nih buat kalian. Game-game ini menyajikan permainan sepak bola virtual dengan berbagai dukungan aplikasi teknologi yang terus diupdate secara berkala. Ini tentu untuk kepuasan para gamers.

Penasaran apa saja game sepak bola PS3 terbaik yang wajib kalian coba mainkan? Yuk cek informasinya berikut ini:

Game Sepak Bola PS3 Terbaik FIFA Soccer

Salah satu game sepak bola PS3 terbaik dan terfavorit saat ini adalah FIFA Soccer. Game sepak bola ini merupakan simulasi virtual liga-liga ternama di dunia. Seperti Liga Champions, Seri A Itali, dsb. Permainan yang dapat dimainkan secara online oleh gamers.

Game sepak bola keren ini rilis tiap tahun oleh Electronic Arts. Sebuah perusahaan yang tak lain adalah game developer, di bawah label EA Sports.

Sejak tahun 2011, franchise FIFA bekerjasama dengan game developer ini, untuk mengupgrade game FIFA Soccer dengan fitur bahasa yang lebih banyak (18 bahasa). Dengan upgrade ini, game ini dapat dipasarkan di 51 negara di dunia.

Baca juga: FIFA Soccer PlayStation 3: Game untuk Pecinta Game-Konsol Sepak Bola

Game Sepak Bola PS3 Terbaik PES 6

PES 6 adalah game sepak bola yang dulu sempat menjadi terfavorit di masanya. Game sepak bola ini pertama kali dirilis di akhir masa PlayStation 2. Karena game ini termasuk generasi pertama game konsol, bisa dibilang game ini masih mengusung spesifikasi yang ringan. Kualitas performa dan fitur-fiturnya pun tergolong masih sederhana, bila dibandingkan dengan versi terbaru.

Meski begitu, gameplay ini masih seru untuk dimainkan.

Salah satu keunggulan dari game sepak bola ini adalah gamer dapat memainkannya di perangkat-perangkat dengan hardware yang masih sederhana. Game ini juga aman untuk perangkat dengan kapasitas memori yang rendah.

Generasi pertama dari game sepak bola PS3 terbaik ini tersedia berbagai mode. Gamer bebas memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: PES 6 Patch 2020: Pilihan Tepat untuk Gamers dengan PC Spek Rendah

PES 2011

PES 2011 bisa dibilang sebagai game sepak bola versi PES terbaik karena game ini memiliki fitur dan spesifikasi yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Banyak gamers yang dibikin takjub oleh game seru ini. Bagaimana tidak, game sepak bola seri ini telah dilengkapi dengan fitur facecam yang memungkinkan tiap pemain dalam game memiliki wajah yang sangat mirip dengan pemain aslinya.

Tak hanya wajah saja yang dibuat mirip dengan pemain aslinya, melainkan gerakan dan gesture juga. Dan tahukah kalian? Lionel Messi pernah menjadi ikon game yang satu ini. Kalian penggemar Messi tentunya bangga, bukan?

Nah, soal kualitas, PES 2011 ini menjadi game terbaik karena memiliki kualitas gameplay paling mirip dengan game sepak bola aslinya.

Baca juga: PES 2011 PlayStation 3 Plus Fitur-Fitur ‘Wah’ nya

PES 2018

Sumber: realsport101.com

PES 2018 ini pernah menjadi game sepak bola PS3 terbaik dan terfavorit pada masanya. Bahkan para gamers rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk memainkan game sepak bola asik ini. Sebagai generasi baru dari PES seri-seri sebelumnya, PES 2018 tentu saja telah mengalami upgrade terkini, mulai dari fitur hingga spesifikasi game.

Gamers juga tentunya dimanjakan dengan kualitas grafis, visual & audi effects yang lebih tajam dan jernih. Kualitas grafis yang keren dapat dilihat di beberapa bagian tampilan game. Contohnya tampilan rumput lapangan di game nampak seperti rumput asli. Audio yang memperdengarkan keramaian para penonton juga terdengar seperti suara sorakan para penonton yang sesungguhnya.

Sayangnya, PES 2018 ini menjadi seri game PES terakhir yang menggunakan lisensi Liga Champions karena seri game berikutnya, yaitu PES 2020, telah mengantongi kontrak lisensi dengan liga yang lain.

Baca juga: PES 2018 PS3 Download yang Semakin Luwes dan Nyaman bagi Gamers

PES 2015

Konami Digital Entertainment

Banyak gamers berspekulasi bahwa PES 2015 ini adalah awal kebangkitan Konami. Mengapa? Sebagai pecinta game PES, kalian tentu tahu Konami sempat mengalami masa tersulit saat PES 2014  baru saja rilis. Kabarnya, seri PES yang ke-14 ini mengalami kegagalan.

Ada yang baru dari game PES 2015 ini. Rupanya Konami telah menyematkan teknologi baru, yaitu FOX Engine, yaitu teknologi yang mampu menampilkan grafis yang lebih solid dan responsif. Berkat dukungan teknologi terbaru ini, PES 2015 benar-benar menyuguhkan gameplay yang sangat dan sangat mirip dengan game sepak bola sesungguhnya. Tak heran jika banyak gamers setuju bahwa PES 2015 adalah game sepak bola PS3 terbaik di tahun 2015.

Baca juga: PES 2015 PS3: Berbekal Engine Lama yang Suguhkan Gameplay Prima

PES 2017

sumber: WinNetnews

Kalian pecinta Barcelona, tentu sangat bangga dengan klub kesayangan kalian yang pernah menjadi cover game sepak bola PES 2017. Fakta mengatakan bahwa PES 2017 juga pernah menajdi game sepak bola PS3 terbaik di tahun yang sama dengan tahun perilisan game, yaitu tahun 2017. Kali ini Konami fokus dengan gerakan-gerakan para pemain yang ada di game ini. Game maker ini benar-benar rinci dalam memikirkan detail gerakan pemain yang terlihat sangat fluid dan realistis.

Sayangnya dari segi fitur dan spesifikasi tak banyak yang mengalami perubahan. Secara umum, elemen-elemen tersebut masih sama dengan generasi PES sebelumnya, yaitu PES 2016. Hanya saja game ini mendapatkan review yang sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan PES 2016.

Baca juga: PES 2017 PlayStation 3 Store Plus Review Singkat 9 Fitur Terbarunya

Winning Eleven

Winning Eleven sebenarnya adalah game yang sama dengan PES. Keduanya diciptakan oleh Konami. Yang membedakan game ini adalah target pasar yang dituju. Winning Eleven adalah game buatan Konami untuk pasar Asia, sedang PES adalah game besutan Konami untuk pasar Amerika dan Eropa.

Gamers pecinta game-game buatan Konami tentu bingung dengan penamaan game ini. Akhirnya, awal tahun 2000, Konami menetapkan PES sebagai satu-satunya nama brand game ini.  

PES 2020

Sumber: fin.co.id

Game sepak bola PS3 terbaik PES 2020 secara resmi dirilis pada tanggal 12 September 2019 lalu khusus untuk Asia dan 10 September 2019 untuk selain Asia. Game ini ternyata adalah produk instalasi yang ke-19 dari seri PES ciptaan Konami.

Berbeda dengan game-game buatan Konami sebelumnya yang mendapatkan lisensi resmi untuk UEFA Liga Champion, Konami kini telah menggandeng EA Sports sebagai penyedia lisensi untuk game ini. Tentu dari awal rilis, game sepak bola PS3 terbaik ini begitu dinantikan oleh para penggemar game sepak bola di seluruh dunia.

Lagi-lagi Konami menggunakan profil Messi sebagai cover utama game sepak bola PS3 terbaik ini. Mungkin tidak banyak gamers yang tahu bahwa Lionel Messi memang sering menjadi ikon atau cover game-game sepak bola buatan Konami. Terakhir kali profil Messi nampak pada PES 2011 yang juga saat itu penampilannya sangat memukau.

Kali ini. Cover Lionel Messi diramaikan dengan beberapa duta PES lainnya seperti Miralem Pjanic, serge Gnarby, dan Scott Mc Tominary. Cover ini dipasang untuk PES 2020 edisi standard. Kabarnya akan rilis satu lagi edisi khusus, yaitu PES 2020 dengan cover pemain bola legendaris asal Brasil, Ronaldinho. Wah, para gamers tentunya sudah tidak sabar nih.

Sebagai game sepak bola PS3 terbaik, PES 2020 telah hadir dengan mode baru, Matchday Mode, yaitu mode yang lebih kompetitif dan fast-respon alias responsif. Tentu saja mode ini sangat cocok dengan kriteria mode game jaman sekarang yang umumnya dimainkan secara mobile dan online.

Dengan dukungan mode terbaru ini, Konami sepertinya ingin memanjakan para fans-nya dengan list-list pertandingan yang sedang hits. Jadi nantinya Konami akan memilih derby atau pertandingan penting per-minggunya. Gamers di sini bebas memilih tim mana yang akan mereka wakili untuk kemudian dimainkan.

Baca juga: PES 2020 PS3 dengan 4 Fitur Andalan yang Bikin Gamers Kecanduan

Kompetisi dan Liga di PES 2020

Konami memang selalu penuh dengan kejutan. Bagaimana tidak, PES 2020 garapannya ini menawarkan 18 liga yang pastinya berisi banyak kompetisi yang berkualitas dan seru. Dari ke-18 liga ini, nantinya akan disertai dengan profil semua pemain dari masing-masing team, logo, dan kit yang sesuai dengan logo dan kit aslinya.

Liga-liga yang telah dilisensi adalah Eredivisie, Liga 1 Perancis, Seri A Itali, dan masih banyak liga-liga ternama lainnya. Konami juga menyertakan beberapa liga di luar lisensi, seperti EFL Championship, English Premier League, Segunda Division, dan La Liga. Liga-liga di luar lisensi ini tentu bisa menjadi pilihan lain bagi gamers yang ingin mencoba gameplay dari liga lain.

Platform PES 2020

Game sepak bola PS3 terbaik ini tersedia untuk beberapa platform seperti Xbox One, PlayStation4, dan Microsoft Windows. Kalian yang tertarik mencoba memainkan game keren ini, boleh langsung lakukan pre-order via PlayStation Store. Atau bisa lakukan pemesanan di Stream dan Microsoft Store.

Compatibility PC untuk PES 2020

Nah, bagian kalian yang lebih suka memainkan game sepak bola PS3 terbaik ni via PC, sebaiknya cek terlebih dahulu spesifikasi PC milik kalian karena game ini hanya compatible dengan beberapa PC dengan spesifikasi PC tertentu. Berikut list spesifikasi minimal PC yang bisa jadikan sebagai perangkat pendukung PES 2020:

  • Sistem Operasi Windows 7 SP 1/10 64bit 1/8
  • Prosesor tipe Intel Core dengan spesifikasi i5-3470 atau bisa juga prosesor tipe AMD FX 4350
  • Spesifikasi RAM minimal 4 GB
  • Spesifikasi fitur grafis NVIDIA GTX 670 atau bisa juga grafis AMD Radeon HD 7870
  • Hard-disk minimal 40 GB
  • DirectX versi 11
  • Resolusi layar 1280×720

Harga Game PES 2020

Bagaimana dengan harga game sepak bola PS3 terbaik PES 2020? Karena PES 2020 ini dirilis dengan 2 edisi: edisi standard dan edisi Legenda, harga yang ditawarkan untuk tiap edisi juga berbeda.

Untuk edisi standard, harga yang dibanderol sekitar Rp.728.000, sedang untuk edisi legenda, per unit PES 2020 dibanderol Rp. 971.000.

Harganya memang fantastis, akan tetapi game PES terbaik ini tentu dapat memberikan kepuasan maksimal bagi para pemainnya. 

Ada tambahan info terkait dengan game sepak bola PS3 terbaik ini. Untuk game edisi standard yang berlogo Messi, telah hadir konten tambahan berupa pertandingan yang melibatkan Ronaldinho. Ada juga performa Lionel Messi di game ini. Messi memainkan 10 game di game seru ini.

Sedang untuk edisi legenda, ada tambahan konten berupa PES Legend Players yang diambil dari beberapa klub ternama. Salah satu pemain legendaris yang dihadirkan adalah Ronaldinho. Ada juga Lionel Messi untuk 10 macam pertandingan, 3 player contract renewal selama 30 minggu, dan premium agent selama 30 minggu.

Hingga saat ini, game sepak bola PS3 terbaik ini menjadi game terlaris selama akhir tahun 2019 sampai pertengahan tahun 2020. Telah dilaporkan bahwa masih banyak gamers yang menantikan game ini untuk segera dimainkan oleh para gamers ini.

Kalian yang juga tertarik untuk memiliki dan memainkan game yang disebut-sebut sebagai game sepak bola PS3 terbaik, buruan lakukan pre-order sekarang juga dan nantikan kedatangan game kesayangan kalian ini di rumah. PES 2020 tentu akan menjadi ‘teman’ baru kalian selama masa pandemi ini.

Baca juga: 10 game sepak bola Android terbaik

Previous article

Grosir Minuman Kesehatan Herbal Terpercaya Harga Terjangkau

Next article

Pemerintah Ingin Serius Basmi Game Poker Online, Yakin ?