Skip to content

Cara Mengatasi WC yang Mampet

Written by

Ariko

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa hal tentang sedot WC Jakarta timur yang perlu anda ketahui. Fokus pembahasannya adalah mengatasi WC yang mampet. Sebuah fenomena umum di daerah perkotaan.

Saluran pembuangan yang sempit, rusak, ataupun kemasukan sesuatu, membuat WC bisa mampet. Akhirnya perlu dilakukan penyedotan agar masalah ini segera terselesaikan. Namun sebelum membahas itu, kami akan mengulas tentang penyebab WC mampet.

Penyebab WC Mampet

Ada beberapa sebab kenapa WC bisa mampet. Sebab-sebab ini tentunya beraneka ragam. Inilah beberapa penyebab WC mampet yang biasa ditemui:

Kemasukan Sampah

Sering banget hal ini terjadi. Banyak orang yang membuang sampah sembarangan di dalam WC. Entah itu pembalut, kresek plastik, ataubahkan tisu. Tentu hal ini bisa menciptakan sumbatan di dalam saluran WC.

Ketika kotoran itu masuk ke dalam saluran, maka bisa jadi akan terjadi reaksi dengan air. Sehingga terjadi pengerasan dan pembekuan sampah itu. Akhirnya mengeras dan membuat aliran air itu tersumbat.

Maka dari itu, harus dipahami oleh anda semua, jangan pernah membuang kotoran yang tidak wajar ke dalam WC. Karena dampaknya akan sangat besar. Bila kotorannya menumpuk banyak, bisa jadi anda harus menyewa jasa Sedot WC yang memerlukan biaya.

Saluran yang Rusak

Bisa saja, sebuah saluran mengalami kerusakan. Entah gara-gara sebuah reaksi sehingga mengikis dinding aliran, ataupun beberapa hal lainnya yang terkadang memiliki dampak besar terhadap kesehatan saluran pembuangan.

Saluran bisa saja rusak, ketika sudah berusia tua. Maka dari itu, ketika hal ini terjadi saluran tidak bisa bekerja dengan baik. Dampaknya adalah mampetnya saluran air dan akhirnya WC tidak bisa digunakan seperti sedia kala.

Faktor-faktor yang menyebabkan saluran rusak tentunya juga beraneka ragam. Seperti guncangan pada tanah atau mungkin bahan salurannya yang memang sudah tua dan waktunya diganti.

Septic Tank Penuh

Faktor yang selanjutnya adalah penampungan kotoran yang penuh. Hal ini bisa dikarenakan penggunaan WC yang sering dan kurangnya bakteri pengurai dalam septic tank. Hal ini tentu bisa terjadi dan mungkin terjadi.

Namun memang jarang sih, fenomena septic tank penuh. Karena benda ini sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga tidak bisa mengalami kepenuhan. Sistemnya memang diperbaharui dengan baik, sehingga kesalahan mekanisme sulit terjadi.

Dari tiga sebab itu, mungkin anda sudah bisa menyimpulkan, bagaimana sih caranya mencegah agar saluran WC tidak macet sehingga harus mendatangkan Jasa Sedot WC Jakarta Timur.

Cara Mengatasi WC Mampet Secara Mudah

Nah, inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan sebelum memanggil jasa sedot WC untuk mengatasi WC anda yang mampet. Cara-cara ini masih mengandalkan alat serta bahan yang sederhana, jadi efektivitas dari cara ini masih kurang maksimal.

Garam

Cara pertama untuk mengatasi WC mampet adalah dengan menggunakan garam. Cara ini tentunya masih digolongkan sebagai cara tradisional. Namun sudah sering dilakukan. Memakai garam sebagai cara mengatasi WC mampet sangat gampang.

Anda hanya perlu garam dan memasukkannya ke dalam saluran WC lewat lubang WC itu sendiri. Setelah itu, anda bisa menambahkan air panas, dan mendiamkannya selama 8 jam untuk menunggu terjadinya reaksi.

Cara ini tentu melibatkan reaksi kimia yang menyebabkan sumbatan bisa larut. Jika cara ini tidak berhasil, bisa diprediksikan sumbatan yang ada di dalam saluran cukup kuat. Maka anda harus menggunakan cara lain yang lebih efektif.

Sabun Cuci Piring

Bahan selanjutnya adalah sabun cuci piring. Kita tahu, di dalam sabun ada kandungan yang bisa bereaksi sehingga bisa menghancurkan noda. Dengan sabun cuci piring, kotoran yang membuat WC mampet juga mungkin bisa dihancurkan.

Caranya gampang sekali, anda hanya perlu memasukkan sabun cuci piring dan menambahkannya dengan air panas. Setelah itu anda perlu menunggunya hingga sabun cuci piring itu bereaksi dan melarutkan kotoran yang membuat saluran WC mampet.

Cara ini mungkin saja bisa efektif, ketika kotoran yang menyumbat tergolong benda yang bisa bereaksi dengan air sabun. Namun ketika tidak, mungkin anda perlu cara lain atau bisa menghubungi jasa sedot WC untuk mengentaskan permasalahan itu.

Soda Api

Benda selanjutnya adalah soda api. Soda api bisa bereaksi dengan air, menciptakan gelembung-gelembung yang bisa melarutkan kotoran di dalam saluran pembuangan. Caranya sebenarnya hampir sama. Namun pastikan anda memakai alat pengaman yang tepat.

Hal ini difungsikan agar ketika menggunakan soda api, kalian tidak mengalami luka. Anda hanya perlu memasukkan soda api dan air panas. Setelah itu menunggunya hingga melarutkan kotoran yang ada di dalam saluran pembuangan.

***

Mungkin itu saja beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang cara mengatasi WC yang mampet. Sebelum memanggil jasa sedot WC Jakarta Timur, anda tentu harus mencegah dan menanggulangi sendiri ketika WC anda mengalami mampet.

Previous article

Pencucian Uang Lewat Kasino

Next article

Cerdas Memodifikasi Interior Mobil, Pilih Sarung Jok Mobil Yang Pas!