Skip to content

Batik Modern Wanita

Written by

Ariko

Wanita adalah makhluk yang suka pada hal-hal yang berbau modis. Maka dari itu, jika batik terkesan kolot, maka harus ada batik modern wanita dengan gaya kreatifnya. Kali ini, kami akan mengulas tentang batik modern khas untuk wanita yang mungkin perlu anda tahu.

Batik adalah salah satu bentuk kebudayaan khas Indonesia. Maka dari itu, tidak boleh hilang dan harus menyesuaikan dengan zaman. Hadirlah sebuah batik yang menyesuaikan dengan zaman, yaitu batik modern.

Dimana, batik jenis ini adalah batik yang tidak begitu terikat dengan aturan budaya atau ciri khas sebuah daerah. Sehingga lebih bisa dimodifikasi dan dibentuk sehingga menciptakan motif dan corak yang keren.

Jenis Batik Modern Wanita

Membahas jenis batik, maka kita akan membahas tentang bagian-bagian busana yang bisa dibuat dengan kain batik. Dimana, busana-busana ini merupakan busana yang dibuat secara sengaja dengan model modern namun dengan corak yang khas batik Indonesia.

Baju Batik

Baju adalah bagian busana atas. Baju batik memiliki corak yang bermacam-macam. Selain itu, bentuk baju wanita tentu saja jauh lebih variatif ketimbang baju pria. Kenapa demikian? Karena memang wanita lebih tertuntut modis ketimbang pria.

Baju batik yang dibentuk secara modern akan tercipta sebuah aura kekhasan Indonesia, namun dalam perpaduan konsep modern. Sehingga, akhirnya akan menciptakan kesan elegan dan estetik.

Maka tidak jarang, batik dengan percaya diri ditampilkan dalam ajang fashion show. Hal itu memang pada dasarnya baju batik adalah salah satu busana yang memiliki nilai estetika yang tinggi yang patut untuk diapresiasi.

Bawahan Batik

Bagian selanjutnya adalah bagian bawah busana. Pada dasarnya, celana batik lebih jarang dibuat. Karena batik lebih cocok dipakai untuk atasan. Namun, dalam prakteknya, batik tetaplah bisa dibuat untuk bawahan.

Entah itu dalam bentuk celana, rok, maupun beberapa bentuk bawahan lainnya. Apakah batik terlihat modis ketika dibuat untuk celana? Pertanyaan itu tentu bisa dijawab ketika anda melihat sendiri bagaimana modisnya celana jika dibuat dengan kain batik.

Celana dari kain batik memang jarang, yang sering adalah jarik atau rok. Dua model bawahan ini lebih fleksibel ketika dibuat dengan kain batik. Bawahan akan tetap terlihat indah, asalkan atasannya juga cocok berpadu dengan bawahannya.

Kerudung Batik

Busana yang selanjutnya adalah kerudung. Kerudung adalah penutup kepala yang dikenakan oleh seorang wanita muslimah. Kerudung adalah identitas seorang muslimah. Jika dibuat dengan kain batik, hasilnya akan jauh lebih estetik.

Kesan kebudayaan Indonesia benar-benar akan muncul dan terpancar. Mengingat jika mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, maka tidak heran jika kerudung adalah bentuk busana batik wanita yang marak dipesan dan dicari-cari.

Banyak juga desainer baju yang mencoba menciptakan konsep kerudung batik yang elegan dipakai oleh wanita muslimah modern. Akhirnya, terciptalah kerudung-kerudung estetik yang tersusun dari batik modern dengan gaya-gaya yang trendy.

Aspek Penting Batik Modern Wanita

Batik modern yang dikenakan oleh seorang wanita harus memiliki beberapa aspek penting. Aspek-aspek ini dibuat guna menciptakan busana yang indah dan menawan dikenakan oleh seorang wanita. Apa saja aspek-aspek penting ini?

Simpel dan Elegan

Orang-orang zaman sekarang, jauh menghargai sesuatu yang simpel, namun terkesan elegan. Maksudnya, busana harus dibuat dengang jenis batik yang dinamis. Memiliki perpaduan warna yang tepat serta nyaman dipandang mata.

Aspek elegan adalah aspek yang harus ada dalam pakaian modern. Jika sampai tidak ada, maka pakaian wanita modern belum bisa disebut sebagai pakaian modern. Aspek yang pertama ini harus ada disebabkan batik adalah sebuah kebudayaan.

Jika kebudayaan ini tidak dipadukan dengan kreativitas yang tinggi, maka kesan kuno akan muncul. Hal itu yang tidak terlalu disukai oleh wanita zaman sekarang. Meski memakai batik, kesan modern, cantik, nan elegan harus tetap muncul.

Seimbang

Dalam segi warna, jahitan, gaya busana haruslah terlihat seimbang. Kenapa aspek seimbang sangat penting? Karena mata khalayak akan memandang keseimbangan busana pada kesan awalnya. Jika sampai ada kesalahan yang menyebabkan tergesernya keseimabangan, maka hasilnya akan buruk sekali.

Maka dari itu, seimbang itu penting sekali. Jika anda melupakan aspek keseimbangan dalam busana, maka hasilnya adalah busana yang buruk. Aspek keseimbangan ini terutama ditekankan pada warna dan corak baju.

Rapi  dan Kuat

Sama seperti busana biasanya, busana batik modern wanita harus tetap rapi dan kuat. Rapi dalam hal jahitan, tata letak, dan perpaduan warna yang ada di dalam kain. Busana batik modern wanita yang rapi akan membantu memunculkan aura kecantikan seorang wanita.

Selain itu, pakaian wanita harus kuat. Maksudnya tidak gampang mengalami kesalahan ketika dipakai. Seperti: sobek, gampang lusuh, jahitan tidak seimbang, dan lain-lain. Hal ini harus diperhatikan untuk menciptakan busana yang benar-benar elegan.

Busana Batik Modern Wanita yang Trendy

Pemanasan yang terakhir ini adalah bahasan yang penting. Busana batik modern yang dipilih seorang wanita haruslah trendy. Maksudnya sudah mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak ada kesan kolot ataupun kuno.

Busana batik modern yang trendy bisa anda temukan di berbagai toko baju batik di Seluruh Indonesia. Anda tidak perlu bingung masalah pembelian baju batik yang modern. Namun, ada beberapa hal yang harus anda pastikan sebelum memilih baju batik trendy.

Pastikan Anda Menyukainya

Batik yang buruk adalah batik yang tidak cocok dengan tubuh anda. Maka dari itu, anda harus memilih busana batik yang warna dan coraknya sesuai dengan tubuh anda. Jangan sampai salah ketika memilihnya.

Karena jika salah, hasilnya adalah penampakan yang buruk. Maka dari itu, satu hal yang harus anda pastikan adalah anda harus menyukai batik yang akan anda pilih. Entah itu warna maupun motif yang tertoreh di atasnya.

Ikuti Perkembangan Zaman

Sebagai wanita modern, anda mungkin tertuntut untuk trendy. JIka tidak, maka anda akan dinilai kuno dan kolot. Maka dari itu, anda perlu memilih baju batik modern wanita yang benar-benar terlihat elegan dan estetik.

Semakin zaman berkembang, maka penilaian sebuah pakaian juga akan berkembang. Anda harus bisa merasakan hal itu. Sehingga, ketika anda memilih busana batik modern tidak salah dan sudah sesuai dengan perkembangan zaman.

Perhatikan Kualitas

Hal penting yang perlu anda perhatikan yang terakhir adalah kualitas dari busana batik modern wanita. Tidak semua merk busana memiliki produk yang berkualitas, maka dari itu anda harus bisa memilihnya. Jangan sampai kecewa gara-gara salah pilih.

Kualitas ini penting anda perhatikan. Sebab, jika warna maupun coraknya bagus, tentu akan tetap terlihat jelek jika kualitasnya jelek. Maka dari itu, perhatikan kualitas sebelum membeli baju batik modern wanita.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai baju batik modern wanita yang perlu anda ketahui. Sejalan dengan perkembangan zaman, tentu anda juga harus menyesuaikannya. Batik akan jauh lebih estetik, jika dibuat dengan modern dengan kesan yang elegan dan estetik.

Previous article

Panduan Lengkap Kirim Aplikasi Lewat Whatsapp

Next article

Sejarah Tentang Kota Palu