Skip to content

Aksesoris Peralatan Kapal Yang Banyak Digunakan

Written by

Ariko

Bagi yang bekerja sebagai awak kapal, tentu akan menemui banyak aksesoris peralatan kapal untuk menunjang agar kapal bisa berlayar dengan aman dan selamat sampai tujuan. Baik dari peralatan untuk navigasi, komunikasi hingga berbagai aksesoris tambahan kapal yang penting.

Meskipun hanya aksesoris kapal, tapi tanpa alat ini kapal tidak bisa berlayar dengan baik. terlebih jika nanti ada kondisi darurat yang menghampiri kapal. Sudah pasti peralatan inilah yang akan digunakan supaya kapal bisa benar-benar berlayar dengan baik.

Contoh aksesoris yang digunakan oleh kapal adalah sling. Sling menjadi aksesoris peralatan kapal yang sangat penting. Peralatan ini digunakan untuk mengangkat atau menurunkan sekoci atau kapal kecil lain yang ada di kapal utama untuk keselamatan.

Karakteristik aksesoris ini adalah kedua ujung atau salah satu ujung telah diterminasi atau dibuat mata untuk mengaitkan aksesoris ke kapal atau alat berat lainnya. Sling sendiri memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan fungsi serta kondisi lapangan. Berikut pembahasannya

Wire Rope Sling

Peralatan kapal ini merupakan tali baja yang dibuat dari wire yang dipilin membentuk strand. Setelah strand tersebut dipilih kembali mengelilingi core untuk membentuk wire rope. Ini adalah jenis sling yang kedua ujung atau salah satu ujungnya sudah diterminasi.

Sling ini banyak ditemui di atas kapal karena untuk mengangkat barang, menarik, menambat barang hingga mengikat barang di kapal. Tidak heran jika alat bantu kapal ini sangat berguna dan selalu dibutuhkan di atas kapal. Pembuatannya juga sangat customized.

Artinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja di lapangan. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat aksesoris peralatan kapal tali ini sebagai berikut;

  1. Spesifikasi yang dibutuhkan
  2. Jenis terminasi yang diinginkan
  3. Jumlah terminasi yang akan dibuat di wire rope sling
  4. Berapa diameter terminasi yang dibutuhkan
  5. Panjang yang akan digunakan
  6. Serta berapa set sling yang akan dipakai

Chain Sling

Chain sling juga dikenal dengan nama rantai sling. Peralatan kapal ini merupakan serangkaian link yang nantinya terhubung dan terbuat dari logam tertentu. Rantai di dalamnya biasanya memiliki dua atau bahkan lebih link yang harus terangkai.

Rantai ini digunakan untuk mengangkat, menarik ataupun mengikat choker serta mengamankan sesuatu di atas kapal agar tidak terjatuh ke bawah. Selain itu di atas kapal, chain sling digunakan untuk menggerakkan mesin khusus.

Umumnya, clain sling ini diberi beberapa aksesoris tambahan yang memperkuat aksesoris peralatan kapal penting ini. Anda juga bisa membuat chain sling sendiri untuk kebutuhan kapal yang akan berlayar. Sebelum itu, tentukan dulu beberapa hal penting berikut;

  1. Ukuran diameter dari chain sling yang akan diperlukan
  2. Banyak jumlah kaki sling di chain yang akan digunakan
  3. Panjang total chain sling yang ingin diaplikasikan
  4. Aksesoris apa saja yang nanti mau ditambahkan di clain sling. Misalnya seperti hook, ring, shackle atau masterlink.

Webbing Sling

Jenis peralatan kapal lain untuk angkat barang adalah webbing sling. Webbing sling atau di kapal banyak yang menyebutnya dengan nama sling bet merupakan pengganti wire rope sling atau juga bisa chain sling di aplikasi angkat dan mengikat barang tertentu di kapal.

Kenapa bisa disebut sebagai pengganti? Wajar saja karena aksesoris ini memiliki banyak keunggulan dibanding dua alat bantu tersebut. Adapun kelebihannya sebagai berikut

  1. Peralatan kapal angkat barang ini ternyata lebih ringan sehingga aman dan mudah untuk digunakan
  2. Lebih fleksibel untuk digunakan
  3. Tidak mudah berkarat
  4. Tidak merusak atau membuat kotor barang yang mau diangkat
  5. Mudah untuk melakukan inspeksi di kapal

Round Sling

Sling terakhir yang banyak digunakan adalah Round Sling. Ini merupakan peralatan kapal yang dibungkus dengan sysnthetic sling dan kemudian dibungkus lagi dengan pembungkus synthetic yang berbentuk agak melingkar.

Sama dengan jenis sling lainnya, round sling memiliki banyak keunggulan yang membuatnya cukup banyak dipakai untuk aksesoris kapal. Adapun keunggulannya sebagai berikut

  1. Tali cenderung lebih tahan lama dan awet untuk digunakan meskipun sering masuk ke air
  2. Bagi yang menggunakan aksesoris peralatan kapal ini dengan posisi choker, posisi pengangkatan barang menjadi lebih sempurna. Tidak heran karena posisinya benar-benar bagus  jadi barang menjadi lebih ringan dibanding menggunakan jenis tali lainnya
  3. Cocok untuk mengangkat barang yang berat seperti sekoci atau jenis kapal pertolongan lainnya
  4. Round sling memiliki karakteristik yang lebih ripis, ringan tapi kuat dibanding sling lainnya.

Peralatan kapal memang menjadi bagian penting untuk menunjang supaya kapal bisa berlayar dengan baik dan sampai tujuan dengan selamat. Hanya saja aksesoris di dalamnya juga tidak kalah penting. Contohnya seperti sling yang digunakan untuk mengangkat barang d kapal.

Previous article

Tips Membeli Peralatan Kapal yang Berkualitas

Next article

Jenis Peralatan Kapal Pelindung Diri Dan Fungsinya